Renstra

Rencana Strategis ( RENSTRA ) Revisi Kecamatan Sukmajaya Tahun 2017-2021

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
1. Pengertian Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang selanjutnya disingkat dengan RENSTRA SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode lima (5) tahun, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah serta berpedoman kepada RPJM Daerah dan bersifat indikatif.• Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang selanjutnya disingkat dengan Renja SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode satu (1) tahun, yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.
2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi.
3. Proses Penyusunan Renstra Berangkat dari pemikiran diatas, perencanaan pembangunan, baik dilihat dari sisi proses manajemen maupun sebagai sebuah kebijakan, adalah merupakan salah satu instrumen pembangunan yang sangat penting karena didalamnya terkandung formulasi visi, misi, tujuan dan sasaran serta berbagai cara yang dipilih untuk mencapai tujuan dan sasaran dimaksud. Dengan kata lain, melalui perencanaan pembangunan yang baik diharapkan juga diikuti dengan pelaksanaan pembangunan yang lebih baik. Dengan demikian dapat memberikan manfaat serta dampak yang jauh lebih besar pula bagi masyarakat.
4. Fungsi renstra adalah sebagai unsur pelaksana Pemerintah Kota Depok, Kecamatan Sukmajaya mengemban tugas dan tanggung jawab agar proses perencanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dapat berjalan dengan baik, tersusun secara sistematis, sinergis dan komprehensif sehingga sepenuhnya mengarah kepada pencapaian Visi dan Misi Kota Depok, sebagaimana diharapkan semua pihak. Untuk merealisasikan strategi pencapaian visi dan misi daerah tadi, secara fungsional Kecamatan Sukmajaya dituntut untuk mampu menterjemahkannya kedalam berbagai bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah, baik dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra) yang berlaku selama 5 (lima) tahun maupun Rencana Kinerja Tahunan (RKT) yang berlaku selama 1 (satu) tahun.
Rancangan Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Sukmajaya Kota Depok merupakan dokumen perencanaan strategis yang disusun dan dirumuskan setiap lima tahun. Perencanaan strategis ini menggambarkan visi, misi, tujuan, sasaran, cara pencapaian tujuan sasaran yang meliputi strategi, kebijakan, program dan kegiatan yang realistis dengan mengantisipasi perkembangan masa mendatang. Perencanaan strategis sangat menentukan akan diarahkan kemana suatu organisasi untuk tahun kedepan atau tahun-tahun berikutnya, bagaimana cara mengarahkannya dan bagaimana mengevaluasi keberhasilan dan kegagalannya. Fokus dari perencanaan strategis adalah keseluruhan organisasi. Adapun cakupan perencanaan strategis meliputi visi, misi, tujuan, sasaran, indikator kinerja dan target kinerja.
5. Maka dalam proses penyusunannya tentu memperhatikan semua aspek perencanaan pembangunan. Rancangan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Tahun 2017 – 2021 ini merupakan hasil proses politik, yakni bermula dari rumusan visi, misi dan program Walikota dan Wakil Walikota terpilih, tetapi dalam proses penyusunannya dilakukan melalui serangkaian forum musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dengan melibatkan unsur-unsur pelaku pembangunan dan memasukkan pula segenap komponen perencanaan teknokratik, yakni program dan kegiatan Kecamatan Sukmajaya. Sejajar dengan itu, muatan Rancangan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Tahun 2017 – 2021 ini juga memperhatikan pula arahan kebijakan dan program RPJMD Kota Depok Tahun 2016 – 2021. Oleh karena itu, matriks rencana program dan kegiatan pembangunan lima tahunan yang diuraikan dalam dokumen perencanaan ini telah disusun secara integratif dan komprehensif yang nantinya dijabarkan dalam Rencana Kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok selama satu tahun anggaran.

1.2 Landasan Hukum

Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Kota Depok disusun atas dasar:
1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan pembangunan Nasional ;
2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah
5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.;
6. Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 01 Tahun 2008 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Kota Depok Tahun 2006-2025;
7. Peraturan Walikota Depok Nomor 111 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan.

1.3 Maksud dan Tujuan
Maksud penyusunan Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Kota Depok adalah memberikan arah penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Adapun tujuan disusunnya Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Kota Depok ini adalah :
1. Sebagai input dalam rangka perbaikan pelaksanaan tugas dan peningkatan pembangunan dimasa akan datang;
2. Memberikan kondisi penciptaan integrasi, sinkronisasi, dan kesinergian antar pelaksanaan kegiatan pembangunan di wilayah Kota Depok khususnya Kecamatan Sukmajaya;
3. Membuat acuan perencanaan yang memuat Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan, Program dan Kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi Kecamatan;
4. Sebagai sarana untuk menampung aspirasi masyarakat dan membangun konsensus untuk menentukan arah program kegiatan Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dalam jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan sampai dengan tahun 2021.

1.4 Sistematika Penulisan
Rancangan Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Sukmajaya Kota Depok disusun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjabarkan tentang latar belakang penyusunan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, landasan hukum, maksud dan tujuan serta sistematika penulisan.
BAB II GAMBARAN PELAYANAN KECAMATAN
Bab ini menjabarkan tentang tugas, fungsi, dan struktur organisasii kecamatan, sumber daya kecamatan, kinerja pelayanan kecamatan serta tantangan dan peluang pengembangan pelayanan kecamatan.
BAB III ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI
Bab ini menjabarkan tentang identifikasi permasalahan, telaahan visi, misi dan program Walikota dan Wakil Walikota, serta kajian terhadap isu-isu strategis.
BAB IV VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN, Bab ini menjabarkan tentang visi, misi, tujuan dan sasaran jangka menengah Kecamatan Sukmajayaserta strategi dan kebijakan.
BAB V RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF
Bab ini menjabarkan tentang rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran, dan pendanaan indikatifyang merupakan kewenangan Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.
BAB VI INDIKATOR KINERJA YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD
Bab ini menjabarkan tentangindikator kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD Kota Depok.
BAB VII PENUTUP
Bab ini menjabarkan tentangpenjelasan dan harapan yang menyertai penyusunan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Tahun 2016 – 2021.

BAB II
GAMBARAN PELAYANAN KECAMATAN

2.1 Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi Kecamatan
Kecamatan adalah Perangkat Daerah Kota Depok yang dipimpin oleh seorang Kepala Kecamatan yang disebut Camat, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Derah melalui Sekretaris Daerah. Berdasarkan Peraturan Walikota Depok Nomor 111 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan, maka Kecamatan Sukmajaya Kota Depok mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintah umum, pelaksanaan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pelaksanaan pelayanan sebagai tindak lanjut atas Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 08 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah. Untuk menyelenggarakan tugas diatas, tentunya harus didukung dengan perangkatnya, yang terdiri dari :
a. Camat
Camat mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan serta melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Camat mempunyai fungsi :
1. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan instansiterkait di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pelayanan masyarakat;
2. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat, upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penerapan danpenegakan peraturan perundang-undangan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum serta penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat kecamatan;
3. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup bidangtugasnya;
4. Pelaksanaan pelimpahan sebagian kewenangan Pemerintahan Kotameliputi aspek: perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, dan penyelenggaraan;
5. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan ;
6. Pelaksanaan evaluasi, pelaporan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat tingkat Kecamatan dan Kelurahan; dan
7. Pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh walikota sesuai tugas dan fungsinya.
b. Sekretaris
Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada Camat dan semua unsur perangkat Kecamatan. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris Kecamatan mempunyai fungsi:
1) Penyusunan rencana program, pengendalian dan penyiapan bahan untuk evaluasi dan laporan pelaksanaan program kegiatan Kecamatan;
2) Penyusunan anggaran Kecamatan;
3) Pengelolaan tata usaha umum, perlengakapan, keprotokolan dan rumah tangga Kecamatan;
4) Pengelolaan tata usaha kepegawaian dan perjalanan dinas;
5) Pengelolaan administrasi keuangan dan gaji pegawai;
6) Pelaksanaan pelayanan teknis administratif kepada Camat dan semua unit perangkat Kecamatan; dan
7) Pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Gambar 2.1
Struktur Organisasi Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

NO Indikator Kinerja sesuai Tugas dan Fungsi SKPD Target SPM Target IKK Target Indikator Lainnya Target Renstra SKPD Tahun ke- Realisasi Capaian Tahun ke- Rasio Capaian pada Tahun ke-
2017 2018 2019 2020 2021 2017 2018 2019 2020 2021 2017 2018 2019 2020 2021
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) (17) (18) (19) (20)
IKM secara mandiri 62,6% 62.6% 65%
70%
75%
80%
75.5 - - - - 83 % - - - -
Jumlah Sarana dan Prasarana Paten Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket - - - - - - - -
Jumlah RTLH yang diperbaiki dan tepat sasaran
Unit 150 Unit 150
Unit 150
Unit 150
Unit 150
Unit 38 Unit - - - - - - - -
Jumlah RW Hijau 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW - - - 100 - - - -
Jumlah UKM lokal di wilyah yang dibina Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok - - - 100 - - - -
Jumlah Kelurahan Layak Anak Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan - - - 100 - - - -
Jumlah Penertiban yang dilaksanakan Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali - - - 100 - - - -
Persentase temuan audit yang di tindak lanjuti 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % - - - 100 - - - -
Nilai evaluasi AKIP Nilai C CC B B BB C - - - 100 - - - -

Tabel 2.1
Pencapaian Kinerja Pelayanan Kecamatan Sukmajaya
Kota Depok

2.2 Sumber Daya Kecamatan

Tabel 2.2
Anggaran dan Realisasi Pendanaan Pelayanan Kecamatan Sukmajaya
Kota Depok.

Uraian ***) Anggaran pada Tahun ke- Realisasi Anggaran pada Tahun ke- Rasio antara Realisasi dan Anggaran Tahun ke- Rata-rata Pertumbuhan
2011 2012 2013 2014 2015 2011 2012 2013 2014 2015 2011 2012 2013 2014 2015 Anggaran Realisasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) (17) (18)
Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung 5.268.908.286,83 6.565.143.119,00 6.565.143.119,00 7.649.801.724,00 8.415.307.806,00 4.861.941.729,00 5.852.486.629,00 5.852.486.629,00 7.203.344.727,00 7.583.151.912,00 92% 92% 92% 91% 90% 11% 10%

2.2.1 Kondisi dan Potensi Geografis
Kecamatan Sukmajaya Kota Depok merupakan salah satu kecamatan dari 11 (sebelas) kecamatan yang ada di Kota Depok. Kecamatan Sukmajaya terletak di sebelah Utara Kota Depok dengan jarak antara Kecamatan Sukmajaya dengan Kota Depok lebih kurang 7 Km. Luas wilayah Kecamatan Sukmajaya ± 1.528,14 ha atau 15,28 km² dengan ketinggian wilayah dari permukaan laut ± 140 m, kemiringan tanah 71,54 mengarah ke utara, sehingga keadan tanah (tofografi) relative datar.
Pola penggunaan tanah secara garis besar terdiri atas :
- Pemukiman : 1.292,63 ha
- Industri : 163,90 ha
- Sawah : 20,75 ha
- Lain-lain : 50,86 ha
, dengan batas-batas wilayah Kecamatan Sukmajaya adalah berikut :
Sebelah Utara : Kecamatan Cimanggis Kota Depok
Sebelah Barat : Kecamatan Pancoranmas Kota Depok
Sebelah Selatan : Kecamatan Cilodong Kota Depok
Sebelah Timur : Kecamatan Tapos Kota Depok
Luas wilayah Kecamatan Sukmajaya terbagi atas 6 wilayah Kelurahan, diantaranya :
NO KELURAHAN ha km RT/RW
1
2
3
4
5
6 Abadijaya
Baktijaya
Cisalak
Mekarjaya
Sukmajaya
Tirtajaya 251,00237
255,00255
245,75245
266,00266
185,00286
285,37285 2,51
2,95
2,45
2,66
1,85
2,86 193 / 29
229 / 29
61 / 13
251 / 31
100 / 13
54 / 8
1528,13574 15,28 888 / 123

Dan di masing-masing kelurahan terdapat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Berdasarkan data kependudukan terakhir, jumlah penduduk Kecamatan Sukmajaya berjumlah 67.911 jiwa terdiri atas penduduk Laki-laki sebanyak 34.700 jiwa, dan penduduk Perempuan sebanyak 33.211 jiwa.

2.2.2 Sarana Prasarana dan SDM Kecamatan
2.2.2.1 Sarana dan Prasarana Kantor Kecamatan Sukmajaya
Sarana dan prasarana kerja yang dimiliki Kecamatan Sukmajaya Kota Depok adalah 1 Kendaraan Operasional roda empat, meja kerja 1 biro sebanyak 5 buah, meja kerja setengah biro sebanyak 10 buah, kursi putar sebanyak 2 buah, kursi lipat sebanyak 54 buah, lemari sebanyak 6 buah, flling cabinet sebanyak 9 buah, white board sebanyak 2 buah, komputersebanyak 2 buah, lemari data sebanyak 2 buah, mesin tik sebanyak 2 buah, pesawat telepon 4 buah, jam dinding sebanyak 2 buah, dan sofa sebanyak 1 buah.

2.2.2.2 Sumber Daya Manusia
Sampai dengan Desember 2016 jumlah pegawai pada Kecamatan Sukmajaya adalah sebagai berikut :

1. Menurut Tingkat Pendidikan
a. Pasca Sarjana = 4 orang
b. Sarjana S1 = 20 orang
c. Diploma 3 (D3) = 2 orang
d. SLTA = 38 orang
e. SLTP = 2 orang
f. SD = – orang

2. Menurut Status Kepegawaian
Pegawai Negeri Sipil

2.3 Kinerja Pelayanan Kecamatan
Untuk menilai kinerja pelayanan organisasi di masa kini sesuai dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya, diperlukan suatu penilaian dan analisis kinerja organisasi di tahun anggaran sebelumnya untuk dijadikan ukuran keberhasilan ataupun kegagalan suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan. Penilaian tersebut dapat juga dijadikan input bagi perbaikan atau peningkatan kinerja organisasi selanjutnya. Berdasarkan capaian kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok selama Tahun 2011-2015 dapat disimpulkan sebagai berikut :

A. Capaian kinerja dalam pelaksanaan Renstra sebelumnya.
(Data diambil dari LAKIP Sukmajaya periode Tahun 2011-2015)
No Sasaran Strategis Indikator Kinerja Target Realisasi Rasio Capaian

1. Tersedianya Pendukung Administrasi Perkantoran Jumlah Pendukung Administrasi Perkantoran Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%
Tahun 2011:97,4%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%
Tahun 2011: 97,4%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014: 100%
Tahun 2015: 100%

2. Tersedianya Sarana Dan Prasarana Aparatur

Jumlah Sarana Dan Prasarana Aparatur Tahun 2011:10 jenis
Tahun 2012:8 jenis
Tahun 2013:8 jenis
Tahun 2014:10 jenis
Tahun 2015: 17 jenis
Tahun 2011:10 jenis
Tahun 2012:8 jenis
Tahun 2013:8 jenis
Tahun 2014:10 jenis
Tahun 2015: 17 jenis
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%

3. Tersusunnya Laporan Keuangan

Jumlah Laporan Keuangan Tahun 2011:100%
Tahun 2012:2 laporan
Tahun 2013:2 laporan
Tahun 2014:2 laporan
Tahun 2015: 2 laporan
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:2 laporan
Tahun 2013: 2 laporan
Tahun 2014: 2 laporan
Tahun 2015: 2 laporan
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015:100%

4. Meningkatnya Pelayanan Kecamatan

Jumlah RTLH

Tahun 2011:0
Tahun 2012:5 unit
Tahun 2013:29 unit
Tahun 2014:16 unit
Tahun 2015: 62 unit Tahun 2011:0
Tahun 2012:5 unit
Tahun 2013:29 unit
Tahun 2014:16 unit
Tahun 2015: 62 unit Tahun 2011:0
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%
5. Meningkatnya Kualitas Data dan Perencanaan

Jumlah Usulan Kegiatan Pembangunan Tahun 2011: 100%
Tahun 2012: 5 jenis
Tahun 2013: 3 jenis
Tahun 2014: 3 jenis
Tahun 2015: 3 jenis
Tahun 2011: 100%
Tahun 2012:5 jenis
Tahun 2013:3 jenis
Tahun 2014:3 jenis
Tahun 2015: 3 jenis
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%

6. Meningkatnya Pengelolaan Lingkungan Hidup

Jumlah Pelaksanaan K3 Tahun 2011:100%
Tahun 2012:4 lokasi
Tahun 2013:8 titik
Tahun 2014:5 satgas
Tahun 2015: 19 kali
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:4 lokasi
Tahun 2013:8 titik
Tahun 2014:5 satgas
Tahun 2015: 19 kali
Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014:100%
Tahun 2015: 100%

7. Meningkatnya Ketertiban Lingkungan

Jumlah Penertiban Tahun 2011:100%
Tahun 2012:4 kel.
Tahun 2013:12 bulan
Tahun 2014:6 kali
Tahun 2015: 24 kali Tahun 2011:100%
Tahun 2012:4 kel.
Tahun 2013:12 bulan
Tahun 2014:6 kali
Tahun 2015: 24 kali Tahun 2011:100%
Tahun 2012:100%
Tahun 2013:100%
Tahun 2014: 100%
Tahun 2015: 100%

B. Anggaran dan Realisasi Pendanaan.(Data diambil dari Laporan Keuangan)
No Tahun Anggaran Jumlah Anggaran (Rp) Realisasi (Rp) Rasio Capaian Rata-rata Pertumbuhan
Anggaran Realisasi
1. 2011
5.268.908.286,83 4.861.941.729,00 92% - -
2. 2012
6.565.143.119,00 5.852.486.629,00 92% 12% 12%
3. 2013
6.565.143.119,00 5.852.486.629,00 92% 0% 0%
4. 2014
7.649.801.724,00 7.203.344.727,00 91% 11% 12%
5. 2015
8.415.307.806,00 7.583.151.912,00 90% 11% 10%

2.4 Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Kecamatan
Tantangan :
Dalam rangka mengembangkan pelayanan yang ada, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dihadapkan oleh tantangan yang ada dan dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan dalam usaha mengembangkan pelayanan Kecamatan dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Adapun tantangan tersebut antara lain:
Bidang Adiministrasi : 1. Di era persaingan bebas nantinya diperlukan peningkatan kualitas terhadap Sumber Daya Aparatur yang berintegritas dan inovatif.
2. Semakin transparannya informasi melalui media elektronik dituntut peran Kecamatan Sukmajaya harus lebih responsif terhadap dinamika pembangunan masyarakat.
Bidang Pemerintahan: Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan murah cepat dan tanpa komplain.
Bidang Pembangunan: 1. Perubahan yang terjadi dalam tatanan kehidupan sosial regional, nasional, maupun global serta saling mempengaruhi antara berbagai faktor di dalamnya yang merupakan dimensi yang harus diperhitungkan dalam perencanaan pembangunan daerah.
2. Semakin kritis dan proaktifnya masyarakat terhadap tuntunan Pembangunan daerah yang menuntut perencanaan yang berkualitas
Bidang Perekonomian : Dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas dunia perlu upaya menumbuhkembangkan ekonomikreatif di Kecamatan Sukmajaya.
Bidang Trantib : Makin maraknya kasus kejahatan yang terjadi memerlukan upaya kewaspadaan dalam mengantisipasi masalah ketentraman dan ketertiban dengan peningkatan sistem keamanan terpadu
Peluang :
Peluang yang sangat mendukung Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dalam mengembangkan pelayanan yang ada sesuai dengan tugas dan fungsinya antara lain :
1. Perubahan paradigma sistem pemerintahan demokratis berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, dapat meningkatkan peran Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dalam perencanaan pembangunan dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan daerah;:
2. Adanya pelimpahan sebagian kewenangan Walikota kepada Kecamatan Sukmajaya Kota Depok;
3. Dukungan para stakeholder yang terkait dengan perencanaandaerah cukup tinggi, nampak jelas dari tingkat aktifitas dalammenghadiri undangan setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakanoleh Kecamatan Sukmajaya.
4. Terbukanya kesempatan untuk meningkatkan kualitas SDM melaluipeningkatan pendidikan formal, pendidikan dan latihan bagi setiap pegawai;
5. Mudahnya mengakses informasi yang lebih cepat, tepat, sehingga mempermudah upaya meningkatkan profesionalisme.

2.5.1. Lingkungan Eksternal
 PELUANG :
 Perubahan paradigma sistem pemerintahan demokratis berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, dapat meningkatkan peran Kecamatan Sukmajaya dalam perencanaan pembangunan dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan daerah;
 Adanya pelimpahan sebagian kewenangan Walikota kepada Camat;
 Dukungan stakeholder yang terkait dengan perencanaan daerah cukup tinggi, nampak jelas dari tingkat aktifitas dalam menghadiri undangan setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Sukmajaya;
 Terbukanya kesempatan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan pendidikan formal, pendidikan dan latihan bagi setiap pegawai;
 Mudahnya mengakses informasi yang lebih cepat, tepat, sehingga mempermudah upaya meningkatkan profesionalisme.
 ANCAMAN :
 Adanya keleluasan partisipasi publik menyebabkan perencanaan pembangunan cenderung kurang proposional;
 Adanya perubahan regulasi terkait pelimpahan kewenangan;
 Adanya perbedaan tugas pokok dan fungsi menyebabkan kerap terjadi miskoordinasil
 Kecenderungan SDM aparatur yang kompeten sulit di atur;
 Adanya ketergantungan terhadap dunia maya;

2.5.2. Lingkungan Internal
Dalam Analisis Lingkungan Internal di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok teridentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai berikut :
 KEKUATAN :
 Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan Sukmajaya
 Sumber Daya Manusia secara kuantitatif sangat memadai;
 Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan pelayanan;
 Adanya ketersediaan dana yang senantiasa mendukung tugas dan fungsi Kecamatan Sukmajaya.

 KELEMAHAN :
 Keterbatasan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dalam mengemban mandat kewenangan organisasi yang sangat strategis;
 Kinerja aparatur yang belum optimal, kurang inovatif dan kreatif;
 Standar Operasional Prosedur tidak merata di semua bidang akibatnya terjadi ketimpangan;
 Manajemen pengelolaan keuangan organisasi relatif masih kurang terkelola secara optimal;
Berdasarkan pada analisa lingkungan internal dan eksternal yang telah dilakukan, maka dapat ditetapkan faktor–faktor kunci keberhasilan sebagai berikut:
1. Adanya penguatan kelembagaan Kecamatan Sukmajaya Kota Depok;
2. Adanya dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keinginan untuk senantiasa meningkatkan wawasan dan pengetahuannya dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kecamatan Sukmajaya;
3. Tersedianya Anggaran yang memadai dalam menjalankan tugas dan fungsi Kecamatan Sukmajaya;
Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam manajemen pemerintahan dan pelayanan yang efektif dan efisien.

BAB III
ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI

3.1 Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Kecamatan
Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan Sukmajaya sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Depok Nomor 111 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan, maka Kecamatan Sukmajaya mempunyai tugas dan fungsi membantu Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan. Namun dalam pelaksanaan dari tugas dan fungsi tidak terlepas dari permasalahan-permasalahan, antara lain sebagai berikut :
1. Jumlah personil PNS yang ada di Kecamatan Sukmajaya sangat terbatas, sehingga pendistribusian pekerjaan berdasarkan kemampuan yang dimiliki dalam pengelolaan pendanaan pelayanan ini tidak bisa terakomodasi secara optimal, sehingga mempengaruhi kinerja pelayanan;
2. Keterbatasan sarana dan prasarana dalam pelayanan yang diperlukan dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan terkendala oleh anggaran yang ada, sehingga pengalokasian anggaran untuk menyediakan sarana dan prasarana dalam pelayanan publik belum bisa fasilitasi secara optimal;
3. Sebagaimana permasalahan lingkungan pada umumnya, sampah merupakan permasalahan lingkungan yang sangat penting. Sampah yang bila tidak tertangani dengan baik akan mendatangkan banyak permasalahan lingkungan, mulai dari mengganggu pemandangan, menimbulkan bau yang tidak sedap bahkan menjadi sumber penyakit. Meskipun hingga saat ini jumlah sampah yang ada di Kota Depok masih dapat tertangani dengan baik, namun untuk masa mendatang jumlah sampah yang dibuang ke TPA tidak dapat diatasi dikarenakan keterbatasan lahan, maka dari itu diperlukan upaya antisipasi dan mengedepankan upaya pengelolaan sampah mandiri dengan 4R (Replace, Reuse, Reduce dan Recycle) di masing-masing wilayah kecamatan;
4. Upaya untuk menggerakkan dan menyemangati masyarakat akan pentingya pemberdayaan. Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya adalah suatu proses pertumbuhan dan perkembangan kekuatan masyarakat untuk ikut terlibat dalam berbagai aspek pembangunan di suatu wilayah. Untuk memberdayakan masyarakat ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan yaitu :mobilisasi (community mobilization), partisipasi masyarakat (community participation), pembangunan berbasis masyarakat (community development). Ketiga pendekatan ini, tentunya akan diarahkan pada dua tujuan pemberdayaan, yaitu : melepaskan masyarakat dari keterbelakangan dan kemiskinan, yang dikenal sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat dan memperkuat posisi masyarakat dalam struktur kekuasaan, yang dikenal sebagai pemberdayaan politik masyarakat. Permasalahan yang dirasakan masih ada dan perlu mendapatkan perhatian di Kota Depok adalah masyarakat harus diberikan ruang yang lebih luas lagi untuk masyarakat menjadi berdaya, baik berdaya dibidang ekonomi, bidang sosial, bidang keamananmaupun berdaya dibidang politik masyarakat.
3.2 Telaahan Visi, Misi dan Program Walikota dan Wakil Walikota
Setiap Rancangan Rencana Strategis (Renstra) harus berpedoman pada Visi dan Misi Kota Depok, agar dalam pencapaian tujuan pembangunan terdapat sinkronisasi. Dalam hal ini visi dan misi Kecamatan Sukmajaya sesuai dengan RPJMD Kota Depok. Adapun Visi Pembangunan Kota Depok Tahun 2016-2021 dirumuskan sebagai berikut:
“KOTA DEPOK YANG UNGGUL, NYAMAN DAN RELIGIUS”
• Unggul
Menjadi yang terbaik dan terdepan dalam memberikan pelayanan publik, pengembangan ekonomi yang kokoh dan berkeadilan berbasis industry kreatif dan pengembangan sumber daya manusia yang bertumpu pada ketahanan keluarga.
• Nyaman
Terciptanya suatu kondisi ruang kota yang bersih, sehat, asri, harmonis, berwawasan lingkungan dan ramah bagi kehidupan masyarakat.
• Religius
Terjaminnya hak – hak masyarakat dalam menjalankan kewajiban agama bagi masing – masing pemeluknya, yang tercermin dalam peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kemuliaan dalam ahlak, moral dan etika serta berwawasan kenegaraan dan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Sedangkan Misi dari Kota Depok adalah
a. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang professional dan transparan.
b. Mengembangkan sumber daya manusia yang religious, kreatif dan berdaya saing.
c. Mengembangkan ekonomi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan.
d. Membangun infrastruktur dan ruang publik yang merata, berwawasan lingkungan dan ramah keluarga.
e. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan nilai – nilai agama dan menjaga kerukunan antar umat beragama serta meningkatkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara.

3.3 Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah Kecamatan dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 01 tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Depok Tahun 2012- 2032 dan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 03 Tahun 2013 Tentang Pedoman Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang menjadi indikator program RPJMD Kota Depok Tahun 2016 – 2021 yang menjadi keterkaitan dengan Tugas dan Fungsi Kecamatan adalah sebagai berikut :
1. Jumlah layanan e-goverment yang terintegrasi
2. Tatanan Kota Sehat
3. Cakupan Rumah Sehat
4. Persentase pengurangan sampah melalui 3R
5. Unit Layanan Terakreditasi
6. Persentase posyandu, posbindu mandiri terintegrasi
7. Persentase akses pemasaran produk IKM
8. Persentasi Rumah Tidak Layak Huni
9. Pelayanan Kesejahteraan Sosial keagamaan dan Kemasyarakatan
10. Persentase kelembagaan RW dalam siaga warga untuk ketentraman dan ketertiban
11. Jumlah Cakupan Pendidikan Politik Warga
12. Cakupan Penegakan Perda dan Perwal
13. persentase pegawai yang mendapatkan pengembangan kompetensi
14. Persentase penyediaan administrasi perkantoran
15. Persentase penyediaan sarana dan prasarana aparatur
16. Nilai Sakip
17. Cakupan Integrasi Perencanaan
18. Jumlah kelurahan Layak Anak
19. Dimensi Kota Ramah Lansia

Wilayah perencanaan RTRW Kota Depok meliputi 11 (sebelas) kecamatan, dan 63 (enam puluh tiga) kelurahan, meliputi:

1 Kecamatan Beji, terdiri atas:

.
1)KelurahanBeji;
2)KelurahanBejiTimur;
3)Kelurahan Kemiri Muka;
4)Kelurahan Pondok Cina; 5)Kelurahan Kukusan;dan
6)Kelurahan Tanah Baru.
2 Kecamatan Pancoran Mas, terdiri atas:
1)Kelurahan Pancoran Mas;
2)Kelurahan Depok;
3)Kelurahan Depok Jaya;
4)Kelurahan Rangkapan Jaya;
5)Kelurahan Rangkapan Jaya Baru; dan
6)Kelurahan Mampang

3 Kecamatan Cipayung, terdiri atas:
.
1)Kelurahan Cipayung;
2)Kelurahan Cipayung Jaya;
3)Kelurahan Ratu Jaya;
4)Kelurahan Bojong Pondok Terong; dan
5)Kelurahan Pondok Jaya
4 Kecamatan Sukmajaya,
terdiri atas:
1)Kelurahan Sukmajaya;
2)Kelurahan Mekarjaya;
3)Kelurahan Baktijaya
4)Kelurahan Abadijaya;
5)Kelurahan Tirtajaya; dan
6)Kelurahan Cisalak.

5 Kecamatan Cilodong, terdiri atas:
.
1)Kelurahan Sukamaju;
2)Kelurahan Cilodong;
3)Kelurahan Kalibaru;
4)Kelurahan Kalimulya; dan
5)Kelurahan Jatimulya
Kecamatan Limo
, terdiri atas:
1)Kelurahan Limo;
2)Kelurahan Meruyung;
3)Kelurahan Grogol; dan
4)Kelurahan Krukut.

Kecam
atan Cinere, terdiri atas:
1)Kelurahan Cinere;
2)Kelurahan Gandul;
3)Kelurahan Pangkalan Jati; dan
4)Kelurahan Pangkalan Jati Baru.

Kecamatan Cimanggis, terdiri atas:

1)Kelurahan Cisalak Pasar;
2)Kelurahan Mekarsari;
3)Kelurahan Tugu;
4)Kelurahan Pasir Gunung Selatan;
5)Kelurahan Harjamukti; dan
6)Kelurahan Curug.
Kecamatan Tapos, terdiri atas:
.
1)Kelurahan Tapos;
2)KelurahanLeuwinanggung;
3)Kelurahan Sukatani;
4)Kelurahan Sukamaju Baru;
5)Kelurahan Jatijajar;
6)Kelurahan Cilangkap; dan
7)Kelurahan Cimpaeun
Kecamatan Sawangan, terdiri atas:
1)Kelurahan Sawangan;
2)Kelurahan Kedaung;
3)Kelurahan Cinangka;
4)Kelurahan SawanganBaru;
5)Kelurahan Bedahan;
6)Kelurahan Pengasinan;dan
7)Kelurahan Pasir Putih.

Kecamatan Bojongsari, terdiri atas:

1)Kelurahan Bojongsari;
2)Kelurahan BojongsariBaru;
3)Kelurahan Serua;
4)Kelurahan Pondok Petir;
5)Kelurahan Curug;
6)Kelurahan Duren Mekar; dan
7)Kelurahan Duren Seribu.

Tujuan penataan ruang wilayah kota Depok mewujudkankota pendidikan,perdagangan dan jasa yang nyaman, religius dan berkelanjutan.

3.4 Penentuan Isu–isu Strategis
Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan Sukmajaya yang tertuang dalam Peraturan Walikota Depok Nomor 111 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan, maka Kecamatan Sukmajaya Kota Depok mempunyai tugas dan fungsi dalam membantu Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan. Utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat,sesuai dengan perencanaan program dan kegiatan. Adapun isu-isu strategis yang dihadapi Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dalam mencapai visi dan misinya selama 5 (lima) tahun adalah sebagai berikut :
1. Peningkatan kualitas pelayanan publik terkait penyelenggaraan pemerintah umum, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pelaksanaan pelayanan Kemasyarakatan;
2. Keterbatasan SDM dan Sarpras penunjang pelayanan;
3. Masalah lingkungan terkait pengelolaan persampahan dan RTLH;
4. Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat yang belum optimal.;
5. Peningkatan Ketahanan Keluarga;
6. Partisipasi Masyarakat dalam Ketentraman dan Ketertiban;

BAB IV
VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

4.1 Visi dan Misi Kecamatan Sukmajaya
Visi merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana instansi pemerintah harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi tidak lain adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh Instansi Pemerintah.
Pengertian visi menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2010 adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Hal ini berarti Visi Kecamatan Sukmajaya Kota Depok yang tercantum dalam Renstra ini adalah merupakan keadaan yang ingin diwujudkan pada lima tahun mendatang,maka sesuai ketentuan pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 perumusan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Tahun 2016-2021 ini harus menjabarkan visi, misi, tujuan dan sasaran penyusunannya berpedoman pada RPJMD Kota Depok Tahun 2016-2021 dan memperhatikan RPJMD Provinsi Jawa Barat dan RPJM Nasional. Oleh karenanya dengan memperhatikan ketentuan tersebut serta mempertimbangkan pula potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang serta isu-isu strategis yang terjadi. Dengan mengacu pada batasan tersebut, Visi Kecamatan Sukmajaya Kota Depok sejalan dengan visi misi Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.
Pemahaman atas pernyataan visi tersebut mengandung makna menjadi yang terbaik dan terdepan dalam memberikan pelayanan publik, pengembangan ekonomi yang kokoh dan berkeadilan berbasis industri kreatif dan pengembangan sumber daya manusia yang bertumpu pada ketahanan keluarga, terciptanya suatu kondisi ruang Kota yang bersih, sehat, asri, harmonis, berwawasan lingkungan dan ramah bagi kehidupan masyarakat dan Terjaminnya hak – hak masyarakat dalam menjalankan kewajiban agama bagi masing – masing pemeluknya, yang tercermin dalam peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kemuliaan dalam ahlak, moral dan etika serta berwawasan kenegaraan dan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 .
Untuk mewujudkan Visi Kecamatan Sukmajaya Kota Depok di masa mendatang, ditetapkan Misi sebagai berikut :
a. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang professional dan transparan.
b. Mengembangkan sumber daya manusia yang religious, kreatif dan berdaya saing.
c. Mengembangkan ekonomi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan.
d. Membangun infrastruktur dan ruang publik yang merata, berwawasan lingkungan dan ramah keluarga.
e. Mewujudkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan nilai – nilai agama dan menjaga kerukunan antar umat beragama serta meningkatkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara.
Mengembangkan hubungan kemitraan dengan multi pihak guna mengatasi berbagai keterbatasan sumber daya (dana dan manusia) yang dimiliki;.
Agar visi dan misi dapat dilaksanakan dengan baik, maka harus diketahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan organisasi dengan melalui analisa lingkungan, baik terhadap kondisi eksternal maupun kondisi internal organisasi.
Dengan melakukan analisa terhadap kondisi internal organisasi (berupa kekuatan dan kelemahan) serta kondisi eksternal organisasi (berupa peluang dan ancaman), maka akan dapat diidentifikasi beberapa aspek yang mungkin akan dapat mempengaruhi pencapaian visi dan misi organisasi.
4.1.1 Analisis Lingkungan
Sebelum menginjak pada penetapan cara yang akan ditempuh guna tercapainya sasaran untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan, maka terlebih dahulu akan dilakukan analisis lingkungan, guna menilai faktor-faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut :
4.2 Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Kecamatan Sukmajaya
Tujuan (goal) adalah sebagai penjabaran dari misi dan merupakan hasil akhir yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan. Sedangkan sasaran (objective) yang merupakan penjabaran dari tujuan adalah kondisi yang ingin dicapai dalam kurun waktu lebih pendek dari tujuan yaitu biasanya 1 (satu) tahun. Adapun tujuan yang ditetapkan pada Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dapat diuraikan sebagai berikut :(

TUJUAN SASARAN STRATEGIS
URAIAN SASARAN INDIKATOR KINERJA SATUAN TARGET
2017 2018 2019 2020 2021
1 .Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat

1.Meningkatnya kualitas /mutu pelayanan publik

1.
IKM secara mandiri %

62.6% 65%
70%
75%
80%

2. Jumlah Sarana dan Prasarana Paten Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket 1 Paket

3. Jumlah RTLH yang diperbaiki dan tepat sasaran
Unit 150 Unit 150
Unit 150
Unit 150
Unit 150
Unit
4. Jumlah RW Hijau RW 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW 1 RW
5. Jumlah UKM lokal di wilyah yang dibina Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok 5 Kelompok
6. Jumlah Kelurahan Layak Anak Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan 6 Kelurahan
7. Jumlah Penertiban yang dilaksanakan Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali 6 Kali
2. Meningkatkan Tata Kelola Organisasi yang baik 2.Meningkatnya akuntabilitas keuangan dan kinerja instansi 1. Persentase temuan audit yang di tindak lanjuti Persentase 100% 100% 100% 100% 100%
2. Nilai evaluasi AKIP Nilai C CC B B BB
atriks Renstra 201
2021)
4.3 Strategi dan Kebijakan
Strategi adalah cara atau usaha untuk mewujudkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, dirancang secara konseptual, analitas, realitis, rasional dan komprehensif. Strategi ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program. Kebijakan adalah arah/tindakan yang ditetapkan oleh Instansi Pemerintah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan yang dipergunakan untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan program/kegiatan guna tercapainya kelancaran dan keterpaduan dalam mewujudkan tujuan.
Sebagai satu cara untuk mewujudkan tujuan dan sasaran organisasi, maka Kebijakan Pembangunan Kecamatan Sukmajaya Kota Depok sampai dengan akhir tahun Renstra dirumuskan sebagai berikut :(Dat
a diambil dari Matriks Renstra

MISI STRATEGI KEBIJAKAN

1. MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK YANG PROFESIONAL DAN TRANSPARAN Melaksanakan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat secara mandiri Membuat SOP pelayanan terpadu Kecamatan
Melaksanakan perbaikan Sarpras Paten Membuat Kegiatan Sistem Paten
Melaksanakan pendataan kajian RTLH

Membuat TIM Monev RTLH
Melaksanakan kegiatan Penataan RW hijau Melibatkan Stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan
Melaksanakan kegiatan peningkatan ekonomi lokal Melibatkan unsur pelaku ekonomi lokak bersama stakeholder di kecamatan

Membentuk kelembagaan Kelurahan Layak Anak Melibatkan Stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan
Melaksanakan kegiatan ketertiban dan ketentraman
Melibatkan Stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan
Melaksanakan Verifikasi secara optimal atas pertanggung jawaban keuangan

Membuat SOP pendukung verifikasi dan review secara berjenjang

Melaksanakan reviuew kinerja secara berjenjang

Sukmajaya 2016-2021)

BAB V

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF

Dalam upaya menjalankan visi-misi dan mencapai tujuan dan sasaran Rancangan Renstra Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, maka perlu disusun rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) tahun ke depan. Secara rinci rencana program dan kegiatan untuk mencapai sasaran jangka menengah serta indikator kinerja atau target yang hendak dicapai beserta pendanaan indikatifnya dapat dilihat pada tabel 5.1 Rencana Program, Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif Kecamatan Sukmajaya Tahun 2016 – 2021

Bidang Urusan/OPD/Program Prioritas/Kegiatan Indikator Kinerja Program dan kegiatan Kondisi Awal Indikator Program dan kegiatan CAPAIAN KINERJA PERTAHUN Kondisi Akhir Indikator Program RPJMD

2019 2020 2021
Dana (Rp) Dana (Rp) Dana (Rp) Dana (Rp)

2 3 4 6 8 10 12
KECAMATAN SUKMAJAYA 5,041,575,756 5,293,654,543 5,558,337,270 15,893,567,569
Peningkatan Administrasi Perkantoran Persentase penyediaan administrasi perkantoran 100% 604,632,614.00 639,476,717.75 676,350,553.64 1,920,459,885.39
Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik Jumlah Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik 4 jenis 77,112,000.00 80,967,600.00 85,015,980.00 243,095,580
Penyediaan Jasa Kebersihan dan Keamanan Kantor Jumlah Petugas (Jasa Kebersihan Kantor), Peralatan dan Bahan Kebersihan 29 orang 121,237,200.00 127,299,060.00 133,664,013.00 382,200,273
Penyediaan Alat Tulis Kantor Jenis Alat Tulis Kantor 51 jenis 78,634,500.00 82,566,225.00 86,694,536.25 247,895,261
Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan Jenis Barang Cetakan dan Penggandaan 10 jenis 60,580,800.00 63,609,840.00 66,790,332.00 190,980,972
Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor 12 jenis 21,083,359.00 22,000,000.00 24,000,000.00 67,083,359
Penyediaan Peralatan Rumah Tangga Jenis Peralatan Rumah Tangga 55 Jenis 40,984,755.00 43,033,992.75 45,185,692.39 129,204,440
Penyediaan Makanan dan Minuman Jenis Makanan dan Minuman 4290 Box, 240 Galon, 180 Dus, 24 Kg ,480 saset, dan 280 Buah,72 kaleng 95,000,000.00 100,000,000.00 105,000,000.00 300,000,000
Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam dan Luar Daerah Jumlah Aparatur Mengikuti Rapat Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah 313 kali 110,000,000.00 120,000,000.00 130,000,000.00 360,000,000
Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Persentase penyediaan sarana dan prasarana aparatur 100% 339,530,000.00 371,751,500.00 389,489,075.00 1,100,770,575.00
Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor Jumlah Gedung yang Dipelihara 1 Kecamatan dan 6 kelurahan 75,000,000.00 85,995,000.00 97,194,750.00 258,189,750
Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Bermotor Jumlah Kendaraan Dinas 2 mobil 6 gerobak motor dan 24 motor 93,030,000.00 97,681,500.00 102,565,575.00 293,277,075
Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan Gedung Kantor Jenis Perlengkapan Gedung Kantor 8 jenis 31,500,000.00 33,075,000.00 34,728,750.00 99,303,750
Penyediaan Gedung Kantor Jumlah Sewa Gedung; Jumlah Sewa Ruang Rapat/Serbaguna dan Sewa Kamar 1 gedung kantor – – – –
Pengadaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor Jenis Inventaris Kantor 12 jenis 140,000,000.00 155,000,000.00 155,000,000.00 450,000,000
Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur persentase pegawai yang mendapatkan pengembangan Kompetensi
100% 105,000,000.00 115,000,000.00 130,000,000.00 350,000,000.00
Pelatihan Bahasa Asing Bagi Aparatur Terlatihnya Bahasa asing bagi aparatur kecamatan dan kelurahan 20 orang – – – –
Pelatihan Leadership bagi Aparatur Kecamatan Terlaksananya pelatihan Leadership bagi Aparatur 50 orang 80,000,000.00 80,000,000.00 90,000,000.00 250,000,000
Pembinaan Mental Pegawai Terbinanya mental pegawai 64 orang 25,000,000.00 35,000,000.00 40,000,000.00 100,000,000
Peningkatan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Nilai SAKIP D 37,000,000.00 40,000,000.00 43,000,000.00 120,000,000.00
Penyusunan Pelaporan Keuangan dan Capaian Kinerja Jumlah Dokumen 2 Dok , semesteran 1 lakip, 4 laporan penegendalian 12 laporan RFK 37,000,000.00 40,000,000.00 43,000,000.00 120,000,000
Peningkatan ketentraman ketertiban dan perlindungan masyarakat Cakupan penegakan perda dan perwal 100% 90,000,000.00 100,000,000.00 110,000,000.00 300,000,000.00
Jambore Kepemimpinan Antar Pelaku jumlah peserta 30 orang 60,000,000.00 65,000,000.00 70,000,000.00 195,000,000
Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba jumlah peserta 35 orang 30,000,000.00 35,000,000.00 40,000,000.00 105,000,000
Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pelayanan Unit layanan terakreditasi 100% 1,416,000,000.00 1,418,000,000.00 1,420,000,000.00 4,254,000,000.00
Review Kualitas Pelayanan Kecamatan Jumlah dokumen 1 dokumen 16,000,000.00 18,000,000.00 20,000,000.00 54,000,000
Penyelenggaraan Sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (e-PATEN) jumlah sistem 1 sistem 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Sukmajaya Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Mekarjaya Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Baktijaya Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Abadijaya Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Tirtajaya Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pelayanan Administrasi Kelurahan Cisalak Jumlah sarana & prasana sesuai kualifikasiyang tersedia selama 12 bulan 143 jenis 200,000,000.00 200,000,000.00 200,000,000.00 600,000,000
Pembangunan dan pengembangan teknologi informatika cakupan layanan e-goverment yang terintegrasi 0.1% 40,000,000.00 45,000,000.00 50,000,000.00 135,000,000.00
Pembangunan dan Pengembangan Aplikasi Administrasi Kecamatan Jumlah Aplikasi sistem informasi 0.1% 40,000,000.00 45,000,000.00 50,000,000.00 135,000,000
Peningkatan kualitas perencanaan Cakupan integrasi perencanaan 100% 196,500,000.00 208,075,000.00 269,728,750.00 674,303,750.00
Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Jumlah Dokumen 2 dokumen 31,500,000.00 33,075,000.00 34,728,750.00 99,303,750
Musrenbang Kecamatan dan Kelurahan Jumlah dokumen hasil musrenbang 7 dokumen 120,000,000.00 125,000,000.00 130,000,000.00 375,000,000
Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Tahun 2021-2026 Jumlah Dokumen 50,000,000 50,000,000
Penyusunan profil kecamatan Jumlah Dokumen 1 Dokumen 45,000,000.00 50,000,000.00 55,000,000.00 150,000,000
Pengembangan Program Kota Sehat Tatanan Kota Sehat 100% padapa 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000.00
Forum Kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat (FKKS) dan UKS Jumlah forum kecamatan dan pokja kelurahan sehat 7 kali forum 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000
Peningkatan kesehatan lingkungan Cakupan Rumah Sehat 86.5% 70,000,000.00 77,000,000.00 85,000,000.00 232,000,000.00
Penataan Lingkungan RW Hijau jumlah RW Hijau yang bersih , Tertib dan Indah tertata 1 RW 70,000,000.00 77,000,000.00 85,000,000.00 232,000,000
Pengembangan Kota Layak Anak Jumlah kelurahan Layak Anak 6 Kelurahan 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000.00
sosilailsasi dan pembentukan Kelurahan Layak Anak Jumlah Kelompok 6 kelompok 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000
Penguatan kelembagaan ketahanan keluarga Persentase posyandu, posbindu mandiri terintegrasi 80,3% 347,125,000.00 388,125,000.00 420,125,000.00 1,155,375,000.00
Pembinaan, Lomba dan
Monev pada TP-PKK Tingkat
Kecamatan dan Kelurahan jumlah peserta, jumlah lomba, jumlah monev 75 orang pembinaan, 35 monev, 5 lomba 90,000,000.00 100,000,000.00 110,000,000.00 300,000,000
Pembentukan dan Pembinaan PIK-R jumlah peserta 250 orang 70,000,000.00 80,000,000.00 90,000,000.00 240,000,000
Pembinaan Keluarga Harmonis jumlah peserta 40 orang 25,000,000.00 30,000,000.00 35,000,000.00 90,000,000
Lomba & Monev Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Jumlah Lomba 5 lomba 65,125,000.00 70,125,000.00 75,125,000.00 210,375,000
Penguatan Kapasitas dan peran PKK Kecamatan dan Kelurahan jumlah kegiatan 7 kegiatan 55,000,000.00 60,000,000.00 65,000,000.00 180,000,000
Pembentukan Kampung KB Jumlah kampung KB terbentuk 1 RW 42,000,000.00 48,000,000.00 45,000,000.00 135,000,000
Pengembangan Kota Ramah Lansia Dimensi Kota Ramah Lansia `2 Dimensi 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000.00
Penyelenggaraan kelembagaan kecamatan Ramah Lansia Jumlah Kegiatan 6 kegiatan 150,000,000.00 150,000,000.00 150,000,000.00 450,000,000
Penigkatan akses pemasaran produk IKM dan UM Persentase akses pemasaran produk IKM 2.16% 295,000,000.00 325,000,000.00 345,000,000.00 965,000,000.00
Pelatihan Manajemen dan
Pengembangan Industri
Kreatif Jumlah orang/Jumlah Kelompok 5 kelompok 50,000,000.00 55,000,000.00 60,000,000.00 165,000,000
Pelatihan UKM Jumlah orang/Jumlah Kelompok 5 kelompok 35,000,000.00 40,000,000.00 45,000,000.00 120,000,000
Pemberdayaan Kelompok
Usaha dan Pelaku UKM Jumlah Kelompok 5 kelompok 45,000,000.00 50,000,000.00 55,000,000.00 150,000,000
Pelatihan Industri Kreatif Jumlah orang/Jumlah kelurahan 6 kelurahan 55,000,000.00 60,000,000.00 65,000,000.00 180,000,000
Festival Sukma Jumlah kegiiatan 2 Festival 110,000,000.00 120,000,000.00 120,000,000.00 350,000,000
Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni Persentase Rumah Tidak Layak Huni 0.77% 300,000,000.00 300,000,000.00 300,000,000.00 900,000,000.00
Penataan RTLH Jumlah Unit 40 unit 300,000,000.00 300,000,000.00 300,000,000.00 900,000,000
Pengelolaan persampahan dan kebersihan Persentase pengurangan sampah melalui 3R 1% 268,916,029.75 295,000,000.00 308,083,969.49 871,999,999.24
Pelaksanaan program K3 Jumlah Kecamatan dan kelurahan 1 Kecamatan 6 kelurahan 120,000,000 120,000,000.00 130,000,000.00 370,000,000
Penyediaan Sarana dan Prasarana Penunjang K3 dan Pengelolaan Sampah Jumlah Jenis Sarpras K3 15 jenis 128,916,029.75 150,000,000.00 148,083,969.49 426,999,999
Pengawasan dan Penertiban Spanduk Jumlah Pengawasan dan Penertiban di 6 Kelurahan 1 Kecamatan 6 kelurahan 20,000,000 25,000,000.00 30,000,000.00 75,000,000
Pelibatan Masyarakat dalam Ketentraman dan Ketertiban Persentase kelembagaan RW dalam siaga warga untuk ketentraman dan ketertiban 100% 255,262,500.00 277,262,500.00 290,262,500.00 822,787,500.00
Safari Sadar Identitas Kependudukan dan Catatan Sipil Jumlah Kegiatan 6 Kelurahan 40,000,000.00 40,000,000.00 40,000,000.00 120,000,000
Pembinaan Pokdar Kamtibnas Jumlah Pembinaan 2 Kali 35,000,000.00 40,000,000.00 45,000,000.00 120,000,000
Sinergitas 3 Pilar Jumlah Apel Siaga dan Monitoring 3 pilar 11 Kali 140,262,500.00 147,262,500.00 145,262,500.00 432,787,500
Sinergitas Ormas Jumlah Pembinaan 2 Kali 40,000,000.00 50,000,000.00 60,000,000.00 150,000,000
Pendidikan Politik Warga Jumlah Cakupan Pendidikan Politik Warga 2 kali 37,000,000.00 40,000,000.00 43,000,000.00 120,000,000.00
Pelaksanaan Pilpres, Pilgub dan Pemilukada, legeslatif Jumlah fasilitasi kegiatan 2 kali 37,000,000.00 40,000,000.00 43,000,000.00 120,000,000
Peningkatan Pelayanan Sosial kemasyarakatan Pelayanan Kesejahteraan Sosial keagamaan dan Kemasyarakatan 100% 189,609,612.25 203,963,825.25 228,297,421.88 621,870,859.38
Pembinaan Masjid Taklim Jumlah Majlis Ta’lim 3 Majlis Talim 30,000,000 25,000,000 30,000,000 85,000,000
Pembinaan DKM Jumlah Peserta 30 Orang 20,000,000.00 30,000,000.00 40,000,000.00 90,000,000
Penyelenggaraan MTQ Jumlah kegiatan 3 Kali 78,540,000 82,467,000 86,590,350 247,597,350
Penyelenggaraan Peringatan Hari-hari Besar Islam Jumlah Kegiatan 3 Kegiatan 44,069,612 46,496,825 48,707,072 139,273,509
Pelatihan Pemandian Jenazah Jumlah Peserta 35 Orang 17,000,000 20,000,000 23,000,000 60,000,000

BAB VI
INDIKATOR KINERJA YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD

Indikator kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD adalah indikator kinerja yang secara langsung menunjukkan kinerja yang akan dicapai Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dalam lima tahun mendatang sebagai komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD. Secara rinci, indikator kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD disajikan pada tabel dibawah ini :

Tabel 6.1
Indikator Kinerja Kecamatan Sukmajaya Kota Depok yang Mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD

INDIKATOR KINERJA SATUAN TARGET
2017 2018 2019 2020 2021
1. Peningkatan kualitas pelayanan publik terkait penyelenggaraan pemerintah umum, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pelaksanaan pelayanan Kemasyarakatan % 100% 100% 100% 100% 100%
2. Keterbatasan SDM dan Sarpras penunjang pelayanan % 100% 100% 100% 100% 100%
3. Masalah lingkungan terkait pengelolaan persampahan dan RTLH % 100% 100% 100% 100% 100%
4. Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat yang belum optimal % 100% 100% 100% 100% 100%
5. Peningkatan Ketahanan Keluarga % 100% 100% 100% 100% 100%
6. Partisipasi Masyarakat dalam Ketentraman dan Ketertiban % 100% 100% 100% 100% 100%

BAB VII
PENUTUP

Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Tahun 2017-2021 merupakan penjabaran dari visi, misi dan program Kecamatan Sukmajaya Kota Depok selama 5 (lima) tahun mendatang, dengan memperhatikan tujuan dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota Depok Tahun 2016-2021.
Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Tahun 2017-2021 merupakan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Kecamatan Sukmajaya dan merupakan acuan bagi partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.Untuk itu perlu ditetapkan kaidah-kaidah pelaksanaan dan catatan sebagai berikut:
1. Kecamatan Sukmajaya Kota Depok sebagai koordinator (fasilitator) wilayah berkewajiban untuk melaksanakan program-program Kota Depok sebagai satuan kerja lintas sektor dengan sebaik-baiknya;
2. Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya merupakan acuan dan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Kecamatan Sukmajaya;
3. Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya merupakan dasar evaluasi dan laporan pelaksanaan atas kinerja tahunan dan 5 (lima) tahun Kecamatan Sukmajaya;
4. Kecamatan Sukmajaya berkewajiban menjaga konsistensi antara Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Depok Tahun 2016-2021.

Semoga dengan disusunnya Rancangan Rencana Strategis Kecamatan Sukmajaya Kota Depok ini dapat dijadikan pedoman pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

Depok, Desember 2017
CAMAT SUKMAJAYA
KOTA DEPOK

Drs.TAUFAN ABDUL FATAH, MM PEMBINA TK.1
NIP.19600724 199203 1 003