Walikota Depok Galakkan Kerja Bakti Bersihkan Kali Saluran Cabang Timur

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il mengawali aktivitas hari ini dengan terlibat langsung dalam kegiatan yang dimotori oleh Dinas BMSDA, yakni Gerakan Aksi Kali Bersih di Kali Saluran Cabang Timur Depan Lapangan Balaikota, Sabtu (25/12). Orang Nomer Satu di Kota Belimbing ini, tidaklah segan untuk turun langsung membersihkan sampah yang ada di saluran cabang timur dalam rangka program kali bersih (Prokasih). Bersama dengan Aparat Kodim 0508, BMSDA, Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Depok, Kelurahan Kemiri Muka, Kelurahan Pondok Cina, DKP, Mahasiswa Gunadarma dan Karang Taruna Kemiri Muka, Walikota tak merasa jijik untuk memungut langsung sampah yang ada di saluran air tersebut. Tak lupa, Pemimpin Kota Depok memberikan apresiasi karena warga memiliki kesadaran untuk bersama-sama bekerja bakti membersih saluran kali.

Walaupun matahari pagi itu cukup menyengat, namun antusias warga termasuk Walikota tetap bersamangat saling bergotong-royong untuk mengangkut sampah di sepanjang 6 Km dengan 7 titik, yaitu belakang ITC, belakang terminal, dibawah FO ARH, belakang D’Mall, Jl. Kedongdong, terusan juanda, dan Gunadarma. Sekretaris Daerah, Kadis BMSDA, Camat Panmas, Camat Beji, Kabag Ekonomi, Kepala Kantor Kesbang Linmas, Kabag  BLH, Kabag umum, dan Camat Cinere juga terlihat sibuk membersihkan sampah yang ada disaluran air tersebut. Sebelum memulai kerja bakti, Walikota mengatakan bahwa gerakan ini merupakan upaya  untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan wujud nyata untuk mendukung Adipura 2012.

Dinas BMSDA selaku motor penggerak, mengerahkan 7 truk untuk mengangkut sampah yang ada disaluran cabang timur. Tak hanya truk sampah, sekitar 450 orang personil pun diturunkan. Seluruh personil yang ada bukan hanya dari BMSDA saja, tetapi gabungan dari berbagai elemen, 100 orang personil berasal dari TNI dan BMSDA. 30 orang dari Kelurahan Depok, 20 orang dari DKP, 50 Orang adalah Mahasiswa Gunadarma dan Kecamatan Pancoran Mas, dan 20 Orang dari Bagian Umum Setda Kota Depok. Walikota merasa bangga karena gerakan ini bisa menyatukan beberapa elemen, baik itu dari PNS, Mahasiswa, maupun TNI. “Perbedaan bukanlah penghalang untuk mewujudkan cita-cita bersama, mari kita terus jalin dan jaga kekompakan ini agar kita bersama bisa saling menopang untuk mewujudkan Depok yang bersih dan hijau. Kegiatan seperti ini harus lebih sering dilakukan, karena kegiatan seperti ini bukan hanya untuk membuat Depok bersih dan Hijau saja, tetapi juga menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap lingkungan dan yang pasti juga lebih mempererat tali persaudaraan kita. Kesadaran tetap menjaga kebersihan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi juga seluruh warga. Mari kita bangun sinergi yang kuat guna memdukung kebersihan, keindahan, dan ketertiban. Betapa penting peran dari  semua elemen di Kota Depok untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Mari kita terus pupuk kebersamaan untuk Kota Depok yang kita cintai” ajak Walikota. (ols)

Twitter Digg Delicious Stumbleupon Technorati Facebook Email